5 Kesalahan Dalam Merawat Ayam Petarung

  • Whatsapp
5 Kesalahan
5 Kesalahan
Spread the love

Pada kesempatan yang sangat bagus ini, kami akan mencoba memberikan sedikit saran mengenai beberapa hal yang harus anda perhatikan 5 kesalahan ketika melakukan perawatan ayam petarung sehingga dapat menghasilkan kulitas ayam petarung yang baik di arena bersaing sabung ayam.

 

Read More

Berikut dibawah ini adalah kesalahan yang kerap terjadi dalam merawat jenis ayam petarung sebagai berikut :

  1. MEMANDIKAN AYAM PETARUNG ANDA DENGAN AIR HANGAT

Para pemilik ayam petarung sering melakukan tindakan yang salah yaitu memandikan ayamnya dengan air hangat. Namun jika dalam maksud lain seperti untuk mengobati kura, membersihkan luka atau mengendorkan otot pada ayam aduan setelah berlaga, maka hal itu boleh. Tetapi jika untuk perawat kesehariannya, tindakan ini merupakan tindakan yang fatal.

 

Anda tidak perlu memandikan sang ayam dengan air hangat karena dapat menghambat pertumbuhan bulu dan perkembangan fisik sang ayam. Sehingga menyebabkan ayam petarung itu menjadi bentot/cebol. Jika ingin memandikannya cukup gunakan busa lembut dengan suhu air biasa.

 

  1. PENJEMURAN AYAM YANG BERLEBIHAN

Penjemuran ayam petarung memang harus dilakukan setelah ayam tersebut siap dimandikan agar bulu-bulu ayam tersebut menjadi kering dan terhindar dari jamur. Bisa bermanfaat juga untuk meningkatkan pernafasasn serta stamina ayam agar menjadi lebih baik.

 

Namun wajib untuk anda ketahui juga, jika penjemuran dalam waktu yang berlebihan akan menyebabkan ayam tersebut mengalami gangguan pernafasan.

 

Tips yang bagus untuk penjemuran ayam petarung adalah dilakukan sebelum siang hari. Jemurlah ayam anda maksimal dalam waktu 30 menit dengan cara meletakan ayam anda didalam sangkar dan letakan diluar rumah.

 

  1. MELEMPAR AYAM PETARUNG KE UDARA

Biasa pada prakteknya, kegiatan melempar ayam aduan ke udara sering kali dilakukan hingga saat ini. Dengan maksud untuk melatih kepakan sayap sang ayam menjadi lebih kuat.

 

Namun perlu anda ketahui bahwa , tindakan tersebut adalah salah satu kesalahan yang fatal.  Karena ayam tersebut akan mengalami resiko berupa cedera dengan benturan keras baik ke tanah atau  batu.

 

  1. MENGANGKAT AYAM PETARUNG DENGAN MEMEGANG BULU EKOR

Bulu ekor pada hewan unggas terutama untuk ayam petarung merupakan bagian yang paling vital. Jika peternak ayam mengangkat ayam petarung tersebut dengan memegang bulu ekornya akang mengakibatkan kesakitan yang berlebih dan paling fatalnya bisa berujung kematian bagi sang ayam petarung.

 

  1. AYAM PETARUNG YANG MUDA DILAKUKAN JAJAL

Tidakan terakhir ini juga menjadi tindakan yang kerap dilakukan para peternak ayam petarung dengan maksud untuk memberikan mental yang lebih baik bagi ayam yang masih muda tersebut.

 

Namun tahukah anda bahwa tindakan tersebut akan mengakibatkan ayam tersebut menjadi takut atau bermental lemah. Hal tersebut tidak boleh dilakukan karena usia calon ayam petarung belum mencapai puncak atau siap dalam melakukan aduan dengan lawan yang lebih dewasa.

 

Demikianlah informasi seputar kesalahan yang sering dilakukan terhadap ayam petarung versi S1288. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para peternak ayam petarung dan menambah wawasan para pemain judi di situs Betberry ini. Selamat Bermain !!!

 

Penulis : Soponyoto

Editor : Zainuddin Bundu

Related posts