66 Panwascam Se-Kabupaten Luwu Dibekali Pelaksanaan Produk Hukum Pemilu

PORTALNEWS.CO.ID | LUWU – Sebanyak 66 orang dari Panitia Pengawas Pemilu (PANWASCAM) di 22 Kecamatan mengikuti kegiatan fasilitasi dan koordinasi Produk Hukum bagi Panwascam se-Kabupaten Luwu, Selasa 02/4/2019. di Gedung BRC Belopa Kabupaten Luwu.

Turut hadir sebagai pemateri Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Sulsel, Dr. Adnan Jamal, SH.,MH. Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu, Abdul Latif Idris dan Pimpinan Bawaslu Luwu Koordiv SDM Asriani Baharuddin, SH. 

Ketua Bawaslu Luwu Abdul Latif Idris menyampaikan seluruh Panwascam harus memahami tupoksi sebagai pengawas Pemilu. Hingga wajib memahami dengan baik terkait tata cara Penanganan Laporan dan Pelanggaran Pemilu tahun 2019.

Latif Idris menambahkan hukum itu tidak semata mata untuk digunakan menindak, akan tetapi lebih pada bagaimana supaya masyarakat bisa taat pada azas. Sehingga tidak ada lagi yang melanggar hukum pemilu pada 17 April 2019.

Sementara Koordiv Hukum Bawaslu Sulawesi Selatan Adnan Jamal, fokus menyampaikan materi analisis hukum terkait substansi Pelanggaran Pemilu pasal 280 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan pemahaman terkait Perbawaslu 4 tahun 2019 tentang kode etik Panwascam, Panwaslu Desa/ Kelurahan.

Adnan Jamal menjelaskan sudah menjadi domain Bawaslu Kabupaten dalam menangani Panwascam yang melanggar kode etik

Selain itu Ia  juga lebih banyak memperdalam tentang Peraturan DKPP terkait relevansinya dengan tugas dan wewenang pengawas Pemilu di hadapan seluruh peserta.

“Saya konsentrasi kepada kegiatan fasilitasi dan koordinasi produk hukum yang terdapat pada pasal 280, terkait politik uang dan netralitas ASN, TNI/Polri Kepala Desa dan anggota BPD, yang diharapkan agar peserta menyimak dengan baik karena ini adalah materi kunci” tutur Adnan

Menurut Adnan Jamal Pengawasan Pemilu dari Kabupaten hingga desa perlu menguatkan strategi pencegahan pelanggaran dan memahami tata cara menangani Pelanggaran Pemilu dengan memberikan report langsung sesuai fakta yang terjadi di lapangan. (HMS)

BACA JUGA : SBJ Sambangi Kantor Bawaslu Luwu, Soal Pemilu 2019