BPOM Palopo Sita Ribuan Kosmetik Ilegal, Dinilai Berbahaya Dan Kadaluarsa

0
247
BPOM Palopo Sita Ribuan Kosmetik Ilegal, Dinilai Berbahaya Dan Kadaluarsa
loading...

PORTALNEWS.CO.ID | PALOPO – Badan Pengawas Obat dan Makanan Kota Palopo, Sulawesi Selatan menyita ribuan kosmetik ilegal. Kadaluarsa dan mengandung bahan kimia berbahaya yang beredar di sejumlah pasaran di wilayah Luwu Raya.

Badan POM unit Kota Palopo, Sulawesi Selatan juga menyita lima ribu dari lima kemasan kosmetik Ilegal.

kadaluarsa bahkan mengandung bahan kimia yang berbahaya yang diperjual belikan secara bebas di sejumlah pasaran di wilayah Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Banyaknya kosmetik ilegal yang ditemukan, dan mengandung bahan kimia berbahaya. Sangat mudah di dapati dipasaran.

BPOM unit Kota Palopo, Sulsel menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih kosmetik.

Pasalnya, saat ini kosmetik yang mengandung bahan kimia berbaya tersebut sudah beredar luas di tujuh Kabupaten Kota. Seperti Tanah Toraja, Toraja Utara, Endrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Dari hasil permeriksaan sementara, BPOM Palopo menyebut bahwa kosmetik yang disita ini mengandung Hidrokinon dan Markuri yang dapat menyebabkan kanker, jika digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Bahan kimia dari obat kecantikan tersebut sangat berbahaya, akan masuk kedalam tubuh melalui pori-pori dan dapat menghambat peredaran darah dalam tubuh. Terangnya

Menurut kepala unit BPOM Kota Palopo, Nurlati Rahman mengatakan bahwa penyitaan kosmetik ilegal dilakukan di tiga puluh delapan lokasi berbeda di empat Kabupaten Kota dengan jumlah lima ribu lima kemasan. Rencananya kosmetik ini akan dimusnahkan oleh BPOM setempat.

Masyarakat bisa secara langsung mengecek produk kosmetik yang digunakan aman atau tidak melalui aplikasi cek BPOM.

Aplikasi ini dapat di download di play store atau juga bisa mengunjungi website Badan POM di www.pom.go.id. bisa juga melalui telepon lewat halo BPOM di nomor 1500533. (WD)

BACA JUGA : Jelang Akhir Tahun, BBN Palopo Laporkan Hasil Narkotika

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here