Dugaan Kasus Korupsi Bawaslu Luwu, Kanit Tipikor Polres Luwu Diminta Audit

  • Whatsapp
Bawaslu Luwu

Luwu, PortalNews.co.id – Kasus Dugaan Korupsi mantan Sekertaris Bawaslu Luwu, Anwar Amir yang bergulir sejak tahun 2018 lalu di tingkat Kepolisian Resort Polres Luwu, belum juga menuaikan hasil.

Dimana mantan sekretaris Bawaslu dinilai telah menyalahgunakan jabatannya, semasa mengabdi. Dalam penggunaan bantuan Dana Ibah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu periode 2019-2024 sebesar Rp.11.563. 690.000,- Milliar lebih.

Read More

BACA JUGA : Damkar Luwu Ciptakan Prestasi Gemilang di HUT Damkar

Dugaan Kasus Korupsi

Selain dari pengembalian Dana Ibah ke Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Luwu pertanggal 14 September 2018 lalu, sebanyak Rp. 1.424.361.425.00 Milliar lebih. Juga terdapat peyalagunaan laporan keuangan secara administrasi dari hasil audit internal Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan sebesar Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah). Ungkap Akp. Faisal Syam, SH. Saat ditemui diruang kerjanya. Rabu sore (26/2/2020).

Kanit Tipikor

Tak hanya itu, dari hasil penelusuran investigasi media Portal News di Kantor Bawaslu Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Ditemukan adanya sejumlah pengadaan alat pendingin ruangan, yakni lima unit AC. Dan dua diantaranya tidak sesuai spesifikasi. Senin sore (9/3/2020).

Mantan Sekretaris Bawaslu Luwu

BACA JUGA : Peran Kader Dalam Menjaga Lingkungan, PMII Cab. Metro Makassar Gelar Dialog Lingkungan Hidup Dan PKD

Maka untuk itu, diminta penegak Hukum Polres Luwu dalam hal ini, Kanit Tipikor Polres Luwu Haerul selaku penyidik Dugaan Kasus Korupsi Mantan Sekretaris Bawaslu Luwu, untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Baik di tingkat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan maupun Panwascam Kabupaten Luwu, sebanyak 22 Kecamatan. Terkait adanya barang bukti sejumlah laporan fiktif, dan hasil Auditor BPK Provinsi Sulawesi Selatan. Senin (9/3/2020).

Polres Luwu

Sekedar diketahui, Mantan Sekretaris Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Sudirman saat dimintai tanggapan laporan, enggan berkomentar dan beberapa kali dihubungi via selulernya tidak diangkat dan tidak aktif. Untuk memenuhi kebutuhan public, terkait hasil laporan audit internal Bawaslu Provinsi dan pengadaan AC. Sehingga berita ini dilayangkan kepublik, untuk menghindari adanya indikasi penghapusan data. (ZB)

Related posts

Portal-News-729X90 Portal TV - Channel Streaming Indonesia