Jumat Pertama, ASN di Luwu Mulai Pakai Sarung

PORTALNEWS.CO.ID | LUWU – Jumat Pertama Aparatur Sipil Negera (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu mulai menerapkan imbauan Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang untuk menggunakan sarung atau mallipa’.

Sebelumnya Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang menerbitkan edaran yang mengimbau agar ASN mengenakan sarung pada hari Jumat saat jam kerja.

Himbauan mulai berlaku pada hari ini, Jumat (8/3/2019). Meski pelaksanaannya belum 100 persen yang dilakukan oleh ASN di Lingkup Pemkab Luwu, namun hampir seluruh pejabat eselon II dan eselon III telah mengenakan sarung sejak tiba di kantor hingga jam pulang.

Terlihat Kepala SKPD, jajaran ASN, hingga ke Desa memakai sarung “mabbida” dipadukan baju koko atau baju kemeja yang rapi dan songkok.

Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang melalui Kabag Humas dan Protokoler, Ansir Ismu kembali menegaskan bahwa “Penggunaannya dimulai pagi hari saat beraktifitas di kantor, kalaupun ada yang mengawali olahraga, diharapkan setelah berolahraga supaya mengganti kostum dengan sarung”.

“Hal ini bertujuan bagaimana kita selalu melaksanakan program religi, juga sebagai cerminan kita sebagai ummat muslim, bahwa hari jumat adalah kewajiban laki-laki muslim menunaikan shalat jumat secara berjamaah. Termasuk juga budaya kearifan lokal kita lestarikan, dimana pada hari yang sama juga dihimbau untuk menggunakan bahasa daerah.” tutur kabag humas dan protokol luwu

Selain itu, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah (Sekda) mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah melaksanakan surat edaran dihari jumat pertama setelah dikeluarkannya surat ederan. (Rilis HMS)