Panwascam Se-Kabupaten Luwu, Lantik 1. 172 Orang

PORTALNEWS.CO.ID | LUWU – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) melalui Panwascam se-Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan secara serentak melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 1.172 orang. Senin (25/3/2019).

Pelantikan ini dilaksanakan dimasing-masing kecamatan, yang nantinya akan bertugas di seluruh TPS se-Kabupaten Luwu pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Asriani Baharuddin Kordiv. SDM Bawaslu Kabupaten Luwu saat dikonfirmasi menjelaskan “Kinerja PTPS dibutuhkan untuk menjaga kualitas pelaksanaan Pemilu 2019. Utamanya untuk mengawal pemilu yang berkualitas dan berintegritas”.

“Untuk selanjutnya akan diberi pemahaman tentang Tugas PTPS oleh masing-masing Panwascam. Hal ini penting mengingat peran dan fungsi PTPS dalam mengawal jalannya pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti”.

Ia juga menambahkan “Hingga setiap Panwascam harus membekali seluruh PTPS dengan pemahaman regulasi tentang  Pemungutan dan perhitungan suara. Termasuk peran dan fungsi koordinatif dan korektif di TPS, seperti apa dan bagaimana PTPS dalam bekerja harus berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan”.

“Untuk PTPS agar bisa bersikap netral baik setelah dilantik hingga masa pencoblosan. PTPS tidak hanya sekedar mengawasi proses Pemilu, tapi harus menjadi contoh bagi masyarakat, karena PTPS inilah ujung tombak terjaganya seluruh harapan masyarakat yang disalurkan lewat pemilihan di tanggal 17 April Nanti”.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Abdul Latief Idris juga menjelaskan “Bahwa PTPS ini adalah ujung tombak Bawaslu dan sebagai penentu sukses tidaknya pengawasan Pemilu. Maka diharapkan kepada PTPS untuk menjaga integritas dan profesional dalam melaksanakan tugasnya sesuai amanah UU. 7 tahun 2017”. Kuncinya (HMS)