Proses Penyelidikan Perusakan Plank Oknum Aparat Lurah Sabe Berlanjut

  • Whatsapp
Proses Penyelidikan Perusakan Plank

Luwu, Portalnews.co.id – Diwabah komando Kapolres Luwu, AKBP. Fajar Dani Susanto, S.ik, MH tengah menindaklanjuti proses pemeriksaan laporan pengaduaan dugaan pidana pengerusakan plank yang dilakukan oknum kepala lingkungan Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara, sejak 19 April 2020 lalu. Oleh Sdr. Sabil Waddu anak dari Alm. H. Waddu yang berlokasi di Jalan Pelabuhan No 56, Kelurahan Tanamanai, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan

BACA JUGA : Corong Agama Pemicu Konflik Warga, Pembangunan Musholla Dinilai Cacat Hukum dan Beraroma Pungli

Adapun kronologis perbuatan tersebut dilakukan pada hari kamis, tanggal 2 april 2020 oleh oknum aparat lurah, M. Yamin dengan mengatasnamakan sebagai Kepala Lingkungan (Keling), yang bertuliskan “Somasi Terbuka”. Terkait tanah milik Keluarga Alm. H. Waddu berdasarkan putusan Mahkama Agung RI Nomor : 430 K/Pid/2011 yang telah berkekuatan hukum tetap, final dan mengikat.

Read More

Dimana Plank tersebut terpasang dan berada di areal wilayah Terminal Belopa, Kelurahan Sabe, sebagai pusat utama Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu dalam mensosialisasikan penertiban. Sebagaimana adanya intruksi dari Dinas Perdagangan, dan dikawal langsung Polisi Pamong (Pamong) Praja, Kabupaten Luwu dimasa pandemic covid 19.

Guna kepentingan proses penyelidikan terhadap laporan tersebut, Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam, S.H. S.I.K. dengan gesit sepulang dari Jakarta langsung melakukan gelar perkara terhadap permohonan terlapor nomor : B/136/IV/2020/Reskrim. Dalam upaya mempercepat proses penyelidikan yang ditunjuk sebelumnya oleh AIPD Ismail (Ps. Kanit I Sat Reskrim) pada hari Senin sore, ( 29/6/2020) pukul 17:27 (Wita) dengan cara melakukan gelar perkara biasa.

Tak hanya sampai disitu, proses penelusuran dari hasil tindaklanjut terus berjalan dalam waktu singkat. Hingga menuju ruang kerja Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam menjelaskan “Penyidik sudah melakukan gelar perkara, hasil gelar perkara itu akan kami sampaikan kepelapor dalam bentuk SP2HP. Adapun materi SP2HP itu, ya silahkan tanyakan selanjutnya sama si pihak pelapor. Penyidik tidak bisa menjelaskan kepada media, terkait hasil gelar perkara itu”. Ungkap AKP Faisal Syam dengan singkat. Selasa sore (30/6/2020) pukul 18:25 (Wita).

BACA JUGA : Pekerjaan Jalan Trans Luwu – Toraja, Dinilai Rugikan Pengendara Hingga Mengganggu Kesehatan Warga

Disisi lain, Kuasa Hukum dari Sdr. Sabil Waddu anak dari Alm. H. Waddu saat dimintai tanggapannya, melalui via telepon selulernya menjelaskan “Kita tunggu saja hasil SP2HP, sejauh mana hasil perkembangan Penyidikan dinda”. Kunci Kuasa Hukum yang tak ingin dimediakan namanya. Selasa malam (30/6/2020) pukul 21:25 (Wita).  (ZB)

Related posts

Portal-News-729X90 Portal TV - Channel Streaming Indonesia