Soal Pemanfaatan Dana Covid 19, Begini Tanggapan Kapolres Luwu

  • Whatsapp
Dana Covid 19

Luwu, Portalnews.co.id – Dalam rangka penanganan dan antisipasi dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu telah mengambil langkah kebijakan dalam menjalankan APBN 2020. Baik dari Anggaran SKPD, Kelurahan maupun Desa.

BACA JUGA : Dana Covid 19 Bertambah 22 Milliar

Sebagaimana diketahui, pemotongan anggaran yang secara tiba-tiba tentu akan menjadi pertanyaan publik.

Read More

Sebagaimana diketahui, pemotongan anggaran yang secara tiba-tiba tentu akan menjadi pertanyaan publik. dan tertuang dalam terbitan media Portal News yang berjudul “Dana Covid 19 Bertambah 22 Milliar”.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Luwu AKBP. Fajar Dani Susanto, S.ik, MH yang juga sebagai Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Luwu saat ditemui diruang kerjannya menjelaskan mengenai pemanfaatan dana covid 19 yang diperoleh dengan cara refocusing dan realokasi anggaran kegiatan.

“Anggaran untuk Covid 19 di Luwu ini didapat dari Refocusing, Refocusing Itu anggaran-anggaran yang ada di OPD itu dialihkan ke penangananan covid. Terkumpullah anggaran 19 Milliar, dari penggunaan anggaran 19 Milliar ini sekarang ada dimana. Itu sebagian masuk kedana cadangan bencana alam maupun non alam. Dana ini masih ada di DPKD. Terus yang digunakan oleh covid, tim gugus tugas membuat rencana kegiatan. Begitu rencana kegiatan dibuat, diajukanlah ke bidang anggaran, dan sampai tanggal 29 mei ini. Anggaran yang digunakan sebanyak 2,9 Milliar”. Kamis sore (29/5/2020).

Lanjut Kapolres Luwu Pria kelahiran Semarang, 16 November 1977, yang juga merupakan Dosen Madya Akpol Lemdiklat Polri “Dana 2,9 Milliar ini untuk operasional, Seperti, contohnya waktu kemarin ada yang dikarantina, beli alat repid test sebanyak 500, pengadaan masker sebanyak 20.000 masker dan dibagikan ke beberapa kepala desa, terus operasional anggota-anggota kita yang dijalan untuk sosialisasi dan sebagainya. itu semua anggaran diurusi DPKD”. Imbuh Kapolres Luwu AKBP. Fajar Dani Susanto

BACA JUGA : Safa Dhuafa, FPI dan Hilmi Berbagi di 4 Kecamatan

Lanjutnya lagi, “Dari sisa anggaran cadangan ini 16,1 Milliar, baru dipakai 2,9 Milliar. Dan darimana anggaran itu, saya tidak tahu yang jelas saya tahu anggaran 19 Milliar itu, yang ada dicadangan dan diperuntuhkan untuk penanganan Covid yang bersumber dari Refocusing. Apakah itu dari DPRD berapa milliar saya tidak tahu. Jadi sekarang sisa anggaran 16,1 Milliar ini untuk penanganan selanjutnya. Jadi secara pelaksanaan Anggaran sudah berjalan dari maret, april dan mei. Secara presentase, diperkirakan sekitar 15 persen yang terpakai. Dan adapun program kedepan yang dijalankan adalah penguatan kemasyarakatan, program mendisplinkan masyarakat, dan Program edukasi yang akan dilaksanakan di bulan di juni, dan kita sekarang lagi menyusun programnya.

“Kita juga ngak pengen lama-lama. Makanya kita gunakan anggaran tidak full, ditarik habis langsung ngak. Karena kita takutnya seperti ini terus. dan efektif atas penggunaannya. Kalau ada penyalagunaan Anggaran, Justru saya disini, dan juga dikontrol kejaksaan”Kuncinya

Sekedar diketahui, Warga Luwu yang Positif Covid 19 hingga kini sebanyak 23 orang dan 1 orang telah sembuh. Asal warga Kecamatan Larompong, yang saat ini masih dalam tahap Karantina mandiri. (ZB)

Related posts

Portal-News-729X90 Portal TV - Channel Streaming Indonesia