Sudah di Tetap Tersangka, Rekanan Belum di Tahan

0
727
Sudah di Tetap Tersangka, Rekanan Belum di Tahan
loading...

PORTLNEWS.CO.ID | PALOPO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo, Sulawesi Selatan sudah menetapkan rekanan proyek pembangunan jalan lingkar barat sebagai tersangka dugaan kasus korupsi, yang merugikan keuangan negara sebesar 1,3 milliar rupiah, namun rekanan belum di tahan.

Meski pun telah ditetapkan sebagai tersangka, namun rekanan belum di tahan oleh pihak kejari Kota Palopo, beserta 20 daftar nama ikut di periksa. Senin (26/3/2018)

SP, diduga melakukan korupsi anggaran jalan lingkar barat yang menelan anggaran sebesar 5 milliar rupiah, untuk pembangunan ruas jalan sepanjang sembilan kilo meter di wilayah Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, dari dana dari APBD Perubahan tahun 2016.

Namun volume tersebut tidak sesuai dengan volume pekerjaan, sehingga (SP) ditersangkakan oleh penyidik kejaksaan. Ungkap Kejari Palopo, Adianto

“Dalam menetapkan tersangka memiliki dua alat bukti yang cukup, pertama keterangan saksi, kedua keterngan ahli, ketiga surat”

Selain SP, Jaksa juga membidik sejumlah nama lain yang diduga menerima aliran dana ini.

Termasuk adanya dugaan pejabat yang terlibat didalamnya, dan 20 sejumlah nama yang tangah menjalani tahap pemeriksaaan.

Untuk kerugian negara yang di timbulkan “Sebesar 1, 3 milliar rupiah, dari hasil Audit BPKP Provisni, Sulawesi Selatan di makassar. Dan saat ini, sejumlah nama tengah menjalani pemeriksaan, dan memberikan hasil berita tersangka”.

Sebelumnya pekerjaan proyek jalan lingkar barat ini dihentikan oleh DPRD Kota Palopo pada bulan maret 2017 lalu, lantaran proyek tersebut tidak memiliki amdal, sehingga dinilai melanggar aturan yang ada.

Proyek tersebut, mulai bermasalah pada awal 2017 sehingga pihak Kejaksaan mulai melakukan penyelidikan pada 8 September 2017 untuk mengetahui adanya indikasi korupsi.

Tak hanya itu, proyek ini juga melintas dan mengeruk penyangga kota, sehingga dapat membahayakan bagi keselamatan warga.

Sekedar diketahui, proyek ini kerap longsor sehingga batu-batu dari atas gunung bekas galian tanah yang menghantam permukaan dan merusak rumah warga yang berada tepat dibawahnya. (ZB)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here