Tak Tersentuh Jaringan, Warga Pinrang Kesulitan Sekolah Online

  • Whatsapp
Sekolah Online

Pinrang, Portalnews.co.id – Sejumlah Warga Desa Letta, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan keluhkan proses belajar mengajar via daring (online) akibat wilayahnya yang tidak tersentuh jaringan selular.

Akibat penyebaran virus corona disease 2019 (COVID-19) di indonesia yang semakin tinggi, setiap harinya maka pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan aktivitas perkumpulan yang dapat menjadi tingginya resiko penularan covid-19.

Read More

Salah satu strategi ini direspon hingga nadiem makarim, menteri pendidikan mengeluarkan kebijakan. Agar seluruh sekolah di indonesia harus diliburkan hingga waktu yang ditentukan tak terkecuali sekolah-sekolah, dan terkhususnya diwilayah Pinrang. Tepatnya di Desa Letta, yang harus melintasi hutan dan gunung agar sampai ke sekolahnya.

BACA JUGA : PLN Bebaskan Tagihan Pelanggan Dan Dapatkan Diskon Hingga 50 Persen

Salah satu siswa atas nama Nurmi dari sekian siswa yang ada di pemukiman itu, harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam untuk mendapatkan akses jaringan, Kata Nurmi ketika mereka harus mengikuti mata pelajaran di waktu siang hari, kadang membuat mereka absen akibat hujan.

Tak hanya itu, Tokoh Pemuda dan Mahasiswa, Samsarib saat diwawancarai Via Whatsapp membenarkan hal tersebut bahwa akses jaringan serta infrastruktur jalan di Desa Letta, Pinrang masih tergolong minim.

“Akses jalanan yang tidak memadai, jarak tempuh yang cukup jauh Dan pemancar jaringan tidak sampai di daerah pemukiman warga, medan jalanan yang cukup ekstrim karena melewati bukit, bahkan jarak jaringan itu Puluhan kilometer, karena jaringan yang kami dapat itu, jaringan dari enrekang”

Ketua Jaringan Intelektual Nusantara (JIN) Kab. Pinrang, Erwin Irnandi AS, S.E pula memberikan kritik, menurutnya pemerintah pinrang harus peka dalam melihat masalah di daerah. Apalagi dalam kondisi serangan pandemi COVID-19.

BACA JUGA : MRI Buton Tengah Lakukan Disinfektanisasi di Sejumlah Wilayah

“Tentunya hal ini sangat miris, dizaman seperti ini masih ada wilayah di kabupaten pinrang yang belum mendapatkan akses jaringan untuk sekolah online mereka.┬áDitambah lagi fasilitas infrastruktur yang tidak memadai terkhusus di pinrang bagian utara, Perlunya ada perhatian pemerintah daerah kabupaten pinrang terkait masalah ini, mengenai infrastruktur jalanan dan juga akses jaringan di wilayah pegunungan pinrang bagian utara terutama wilayah kecamatan lembang” Ucapnya

Mahasiswa Pascasarjana STIE Amkop Makassar ini juga berharap bahwa anggota dewan di dapil pinrang bagian utara harus ikut andil dan mendorong agar terciptanya kesejahteraan pada masyarakat pinrang utara.

Penulis : Arman

Editor : Esse

Related posts

Portal-News-729X90 Portal TV - Channel Streaming Indonesia