Tujuh Makanan Kaya Estrogen

by -9 views
Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Tujuh Makanan Kaya Estrogen. Diketahui Estrogen adalah hormon yang mendorong perkembangan seksual dan reproduksi. Meskipun hormon ini terdapat pada pria dan wanita dari segala usia, tapi biasanya Estrogen pada tingkat yang jauh lebih tinggi ditemukan pada wanita usia reproduksi.

 

Estrogen melakukan berbagai fungsi dalam tubuh wanita, termasuk mengatur siklus menstruasi dan pertumbuhan dan perkembangan payudara. Namun, selama menopause, kadar estrogen wanita menurun, sehingga menyebabkan gejala seperti hot flashes dan keringat malam.

 

Fitoestrogen, juga dikenal sebagai estrogen diet, adalah senyawa tanaman alami yang bertindak dengan cara yang mirip dengan estrogen yang diproduksi oleh tubuh manusia.

 

Berikut adalah 7 sumber estrogen.

 

Bagaimana fitoestrogen mempengaruhi kesehatan Anda?

 

Fitoestrogen memiliki struktur kimia yang mirip dengan estrogen dan dapat meniru aksi hormonalnya.

 

Fitoestrogen menempel pada reseptor estrogen di sel-sel Anda, yang berpotensi memengaruhi fungsi estrogen di seluruh tubuh Anda. Namun, tidak semua fitoestrogen berfungsi dengan cara yang sama.

 

Fitoestrogen terbukti memiliki efek estrogenik dan antiestrogenik. yang berarti bahwa, sementara beberapa fitoestrogen memiliki efek seperti estrogen dan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh Anda, sementara yang lain memblokir efekn dan menurunkan kadar estrogen.

 

Karena tindakannya yang kompleks, fitoestrogen adalah salah satu elemen yang paling kontroversial dalam nutrisi dan kesehatan.

 

Sementara itu  beberapa peneliti telah mengajukan kekhawatirannya, bahwa asupan fitoestrogen yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon , sebagian besar bukti telah mengaitkan mereka dengan efek kesehatan yang positif.

 

Faktanya, banyak penelitian telah mengaitkan asupan fitoestrogen dengan penurunan kadar kolesterol, peningkatan gejala menopause , dan risiko osteoporosis yang lebih rendah dan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

 

Fitoestrogen dapat memiliki efek estrogenik atau antiestrogenik. Mayoritas penelitian mengaitkan fitoestrogen dengan berbagai manfaat kesehatan.

 

  1. Biji rami

 

Biji rami adalah biji kecil, berwarna emas atau coklat yang baru-baru ini mendapatkan daya tarik karena potensi manfaatnya bagi kesehatan .

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Biji ini sangat kaya lignan, sekelompok senyawa kimia yang berfungsi sebagai fitoestrogen. Bahkan, biji rami mengandung lignan 800 kali lebih banyak daripada makanan nabati lainnya.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa fitoestrogen yang ditemukan dalam biji rami dapat memainkan peran penting dalam mengurangi risiko kanker payudara, terutama pada wanita pascamenopause.

 

 

  1. Kacang kedelai dan edamame

 

Kedelai dapat diolah menjadi produk nabati, seperti tahu dan tempe. Kedelai juga dapat dinikmati secara keseluruhan sebagai edamame.

 

Kacang edamame berwarna hijau, kedelai yang belum matang sering dijual beku dan tidak dikupas dalam polongnya yang tidak bisa dimakan.

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Kedelai dan edamame telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan dan kaya protein dan banyak vitamin dan mineral. Mereka juga kaya akan fitoestrogen yang dikenal sebagai isoflavon.

 

Isoflavon kedelai dapat menghasilkan aktivitas mirip dengan estrogen dalam tubuh yang meniru efek estrogen alami. Mereka dapat meningkatkan atau menurunkan kadar estrogen dalam darah.

 

Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen protein kedelai selama 12 minggu mengalami penurunan kadar estrogen dalam darah. Para peneliti mengusulkan bahwa efek ini dapat membantu melindungi dari beberapa jenis kanker payudara.

 

 

  1. Buah-buahan kering

 

Buah-buahan kering kaya nutrisi, lezat, dan mudah dinikmati sebagai camilan yang enak. Mereka juga merupakan sumber ampuh berbagai fitoestrogen.

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Tanggal, prem, dan aprikot kering adalah beberapa sumber makanan kering tertinggi di fitoestrogen.Terlebih lagi, buah-buahan kering penuh dengan serat dan nutrisi penting lainnya, yang menjadikannya camilan sehat.

 

 

  1. Biji wijen

 

Biji wijen adalah biji kecil, serat yang dikemas dan biasanya dimasukkan ke dalam hidangan untuk menambahkan kerenyahan dan rasa pedas terhadap makanan tersebut. Biji wijen juga cukup kaya fitoestrogen, di antara nutrisi penting lainnya.

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Menariknya, satu penelitian menemukan bahwa konsumsi bubuk biji wijen dapat mempengaruhi kadar estrogen pada wanita pascamenopause.

 

Para wanita dalam penelitian ini mengkonsumsi 50 gram bubuk biji wijen setiap hari selama 5 minggu. Hal Ini tidak hanya meningkatkan aktivitas estrogen tetapi juga meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

 

  1. Bawang putih

 

Bawang putih adalah bahan populer yang menambahkan rasa pedas dan aroma pada hidangan. Bawang jenis ini tidak hanya dipuji karena atribut kulinernya tetapi juga terkenal karena sifat kesehatannya .

 

Meskipun studi tentang efek bawang putih pada manusia terbatas, beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan itu dapat mempengaruhi kadar estrogen dalam darah.

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Selain itu, penelitian selama sebulan yang melibatkan wanita pascamenopause menunjukkan bahwa suplemen minyak bawang putih dapat menawarkan efek perlindungan terhadap keropos tulang yang terkait dengan defisiensi estrogen, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

 

Bersama dengan rasa dan manfaat kesehatannya yang khas, bawang putih kaya akan fitoestrogen dan dapat membantu mengurangi keropos tulang. Namun, dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian pada manusia.

 

  1. Persik

Persik adalah buah manis dengan daging putih kekuningan dan kulit berbulu.

 

Mereka tidak hanya dikemas dengan vitamin dan mineral tetapi juga kaya akan fitoestrogen yang dikenal sebagai lignan.

 

Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Menariknya, analisis studi menunjukkan bahwa diet kaya lignan dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 15% pada wanita pascamenopause. Ini mungkin terkait dengan efek lignan pada produksi estrogen dan kadar darah, serta ekspresi tubuh.

 

  1. Buah beri
Tujuh Makanan Kaya Estrogen
Tujuh Makanan Kaya Estrogen

Buah beri telah lama disebut-sebut karena banyak manfaat kesehatannya yang mengesankan .buah ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Dikutip dari healthline (int)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *