Warga Palopo Terancam Kriris Air Bersih Hingga 90 Persen

  • Whatsapp
Warga Palopo
Warga Palopo
Spread the love

Palopo, PortalNews.co.id – Mengingat adanya musim kemarau yang masih berlangsung di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, debit Air Baku PAM Palopo Turun 90 Persen. sehingga membuat warga palopo bakal terancam krisis air bersih, dan mengakibatkan 5 unit intake Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku mengalami penurunan debit air.

 

Read More

Direktur Bidang Operasional PAM Palopo, Hamid mengatakan penurunan debit air baku pada 5 sungai sebagai sumber air baku bervariasi. Yakni, embung sungai Mangkaluku turun 90 persen dari kondisi normal sebanyak 170 liter perdetik, sedangkan Sungai Latuppa turun 75 persen dari kondisi normal sebanyak 400 liter perdetik.

 

Selain itu, Sungai Mangandang juga turun 90 persen dari kondisi normal sebanyak 20 liter perdetik, Sungai Battang Bambalu turun 70 persen dari kondisi normal sebanyak 400 liter perdetik. Dan Sungai Batupapan juga ikut turun sekitar 70 persen dari kondisi normal sebanyak 50 liter perdetik.

 

“Akibat dari penurunan ini, volume produksi air di masing masing Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) secara otomatis mengalami penurunan dan sangat berdampak tehadap distribusi air ke rumah-rumah pelanggan,” kata Hamid saat dikonfirmasi di kantor PDAM, Rabu (27/11/2019).

 

Menurut Hamid, apabila dalam waktu 2 pekan kedepan tidak ada tambahan debit air baku di sumber maka seluruh pelayanan akan digilir.

 

“Mengantisipasi hal tersebut, PAM Tirta Mangkaluku melakukan pemantauan terhadap kondisi air di seluruh wilayah layanan termasuk pada daerah yang jaraknya cukup jauh dari IPAM. Dengan melihat kondisi seperti saat ini maka diharapkan pengertian dan pemakluman masyarakat pelanggan untuk bijak dalam menggunakan air dan menyiapkan penampungan air guna keperluan sehari-hari,” ucap Hamid.

 

Sementara itu Niswandi, warga Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara, Kota Palopo mengeluhkan layanan air PAM yang kerap tidak mengalir.

 

“Dalam 2 bulan terakhir air PAM tidak pernah mengalir hanya disuntikan dengan tangki dari PAM setiap per 3 hari, jadi kami berupaya berhemat untuk memenuhi kebutuhan terutama air minum,” ujarnya.

 

Sekedar diketahui, meski dengan minimnya air PAM beberapa bulan terakhir. Namun warga tetap harus harus professional dalam menjalankan kewajibanya sebagai konsumen. Hal itu, tertuang dengan adanya himbauan selebaran PAM Tirta Mangkaluku yang beredar di group media social (whatsapp) Media Centre DPRD Palopo oleh salah satu akun milik Humas PDAM Palopo. Dan saat dimintai tanggapan, pihaknya tak memberikan komentar hingga berita ini diangkat.

 

Penulis : Amir
Editor : Zainuddin Bundu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.